MENUJU 10 TAHUN RBKM

"MENUJU 10 TAHUN RBKM"
.
Pada Minggu, 23 Desember 2018 RBKM akan genap berusia 1o tahun. Kira-kira asyiknya dibuat gimana ya? Ayo sampaikan ide, usul dan sarannya ke EMAIL: sekretariat.mci@gmail.com, WA: 085743309943

Minggu, 12 September 2021

SEJARAH SINGKAT RUMAH BACA KOMUNITAS MERAPI (RBKM)

RUMAH BACA KOMUNITAS MERAPI
(RBKM)
Alamat: Dusun Gemer RT 02/RW 07, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, INDONESIA 56482
Kontak: 085743309943 Email: sekretariat.mci@gmail.com

VISI RBKM
Peningkatan Minat Baca Warga Lereng Gunung Merapi

MISI RBKM
1. Menyediakan Buku-Buku Gratis Untuk Warga Lereng Gunung Merapi
2. Memfasilitasi Kemudahan Akses Buku-Buku Bacaan Bermutu
3. Mengelola Koleksi Buku-Buku Bermutu





RUMAH BACA KOMUNITAS MERAPI (RBKM) adalah sebuah wadah independen dan nirlaba, tempat sekelompok pencinta literasi dari Lereng Gunung Merapi yang bertekad menyediakan buku-buku bacaan secara gratis untuk warga dan anak-anak Lereng Gunung Merapi.

RBKM didirikan secara gotong-royong oleh warga Dusun Gemer sejak akhir 23 Desember 2008 dan selesai pembangunannya akhir Januari 2009. Sejak awal Februari 2009 RBKM dibuka untuk umum dan bisa diakses secara gratis.

Latar belakang keinginan mendirikan rumah baca yaitu lahir dari keprihatinan seorang warga dusun yang bernama Y. Sukisno, seorang petani yang hanya lulus SD dan sudah dikarunia tiga anak, melihat kondisi orang-orang desanya yang kesulitan mengakses buku-buku bacaan.

Rumah Baca ini terletak di Lereng Gunung Merapi. Tidak mengherankan, setiap saat warga Dusun Gemer ini siap untuk diungsikan karena bahaya letusan dari Gunung Merapi. Warga Dusun Gemer dan sekitarnya mayoritas mata pencahariannya adalah petani. Anak-anak petani ini kurang beruntung karena kekurangan akses buku-buku bacaan, padahal minat baca mereka cukup tinggi.



Rumah baca yang terletak di zona rawan letusan Gunung Merapi ini dibangun dengan model terbuka. Siapapun bisa mengakses dengan mudah dan tanpa birokrasi yang ribet. Tujuan didirikannya rumah baca di dusun ini tentu saja untuk meningkatkan pengetahuan warga dusun sesuai moto rumah baca  ini yaitu “Membaca adalah Ibu Pengetahuan”.

Rumah Baca Komunitas Merapi ini lahir dari komitmen masyarakat lokal yang benar-benar mendambakan kemudahan akses bacaan yang mendidik. Rumah Baca ini juga bukan merupakan bentukan LSM atau NGO. Rumah baca ini bersifat independen dan tidak untuk tujuan komersial.

Banyak pihak telah turut membantu untuk rumah baca ini mulai dari Komunitas Cah Andong Yogyakarta, KKI Koeln Jerman, Mbak Veronika dari Jakarta, Mahasiswa Atmajaya Yogyakarta, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang dan Pejabat Kecamatan dan Kelurahan, Bapak Warisno (penulis buku pertanian dan peternakan dari Kebumen, Renny Yaniar (penulis buku anak, KKS Melati dari Jakarta, 1001Buku dan masih banyak lagi yang tak bisa kami sebutkan.



Di bawah naungan Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) kini terbentuk  sebuah lembaga studi

MERAPI CULTURAL INSTITUTE
(MCI)

Merapi Cultural Institute (MCI) adalah lembaga studi yang khusus menggeluti kajian dan penelitian literasi. Secara khusus MCI membumikan dan mengkontekstualisasikan Cultural Studies pada isu-isu konkret di masyarakat. MCI bernaung di Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) yang terletak di lereng Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah. MCI memiliki visi mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. MCI beranggotakan praktisi dan akademisi desa  asal Merapi di perantauan yang menghayati motto “Dari Desa Mencerahkan Dunia”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar